Rutinitas Tahunan Al-Ikhlas: Perkampungan Bahasa Inggris

  • 2 Juli 2021
  • 110 views
Rutinitas Tahunan Al-Ikhlas: Perkampungan Bahasa Inggris Perkampungan Bahasa Inggris Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone (Dok. Media Center, 2021)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2021 telah usai. Pondok pesantren Al-Ikhlas Ujung-Bone kembali menggelar perkampungan bahasa, yang tahun ini dikhususkan untuk Bahasa Inggris, setelah tahun sebelumnya diisi dengan perkampungan Bahasa Arab. Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan Pesantren Al-Ikhlas yang dilaksanakan pasca Penilaian Akhir Tahun (PAT). Program ini merupakan salah satu bagian dari akselerasi pengembangan bahasa dimaksudkan untuk membekali santri Al-Ikhlas agar lebih aktif dan memberikan motivasi kepada mereka sehingga mampu berbahasa secara aktif.

Perkampungan Bahasa Inggris Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone (Dok. Media Center, 2021)

Program ini berlangsung dari 26 Juni hingga 1 Juli 2021. Demi mencapai tujuan dalam kegiatan tersebut, Pesantren Al-Ikhlas menggandeng Cambridge English College (CEC) Kota Inggris Sengkang. CEC mengerahkan 17 mentor dalam mendampingi santri dan santriwati selama 6 hari pelaksanaan perkampungan bahasa inggris tersebut.

Ada berbagai jenis pengajaran dan pelatihan yang tersajikan. Free talking menjadi kegiatan pembuka untuk melatih kelancaran dan mental santri dalam berbahasa Inggris. Setelah itu dilanjutkan dengan sarapan yang dirangkaikan dengan agenda General Class. Dalam kelas tersebut, terdapat materi yang sangat menarik, salah satunya mengusung tema “controlling anxiety in English Persentation“. Selain itu, para santri juga dibagi ke dalam kegiatan kelas-kelas kecil demi memperdalam dasar-dasar bahasa Inggris mereka.

Penanggung jawab kegiatan ini, Herman, S.Pd., M.Pd. yang juga merupakan Wakil Kepala Kepondokan bidang Kurikulum dan Pengajaran mengungkapkan antusiasme santri dalam mengikuti kegiatan perkampungan bahasa ini, tips dan trik belajar dari para mentor menurutnya berhasil menghidupkan suasana belajar yang efektif.

“Santri sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan dalam perkampungan bahasa ini. Kegiatan dilakukan secara indoor maupun outdoor sehingga santri tidak merasa jenuh dalam mengikuti kegiatan tersebut” jelas guru yang merupakan alumni Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar ini.

Perkampungan bahasa Inggris yang dilaksanakan di lingkungan pondok pesantren Al-ikhlas ini berjalan dengan lancar dan berhasil mencetak santri dengan kepercayaan diri yang tinggi dalam berbahasa Inggris. Kegiatan ini diharapkan dapat berkesinambungan sehing cita-cita pesantren dalam menghadirkan santri yang memiliki kemampuan berbahasa asing dapat terealisasikan. (si/aibs)

Perkampungan Bahasa Inggris bersama CEC Kota Inggris Sengkang (Dok. Media Center, 2021)
Ditulis oleh: Admin