MTs Al-Ikhlas Ujung ikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

  • 7 Oktober 2021
  • 1,342 view
MTs Al-Ikhlas Ujung ikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Kegiatan ANBK Madrasah Tasanawiyah Al-Ikhlas Ujung Bone. (Dok. Media Center)

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Ujung Bone mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) selama dua hari berturut-turut, mulai Rabu-Kamis, 06 hingga 07 Oktober 2021.

Kegiatan ini merupakan kegiatan nasional yang diikuti oleh seluruh sekolah baik negeri maupun swasta. Asesmen dilaksanakan untuk mengukur tingkat mutu pendidikan setiap sekolah di seluruh Indonesia. Sebagaimana yang kami kutip dari Laman Kemendikbudristek; Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Kegiatan ANBK Madrasah Tasanawiyah Al-Ikhlas Ujung Bone. (Dok. Media Center)

Asesmen ini berjalan dengan tiga sesi setiap harinya mulai pada Pukul 07.30 – 09.30 (Sesi Pertama), 10.30 – 12.30 (Sesi Kedua), dan 14.00 – 16.00 (Sesi Ketiga). Setiap sesi diisi oleh 15 santri yang berbeda. Kegiatan berjalan dengan lancar yang diawali arahan dari Proktor AM Firman terkait dengan cara dan bagaimana mengisi jawaban dengan benar. Jauh dari itu, kegiatan ini sudah dilaksanakan gladi agar semua santri yang terpilih bisa mengerjakan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang ada.

Kegiatan berjalan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sebagai bagian dari aturan pemerintah dan juga sudah menjadi kebiasaan di madrasah kami, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan setiap kalimasuk dan keluar dari ruang ANBK.

Kegiatan ANBK Madrasah Tasanawiyah Al-Ikhlas Ujung Bone. (Dok. Media Center)

Kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di MTs Al-Ikhlas Ujung sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Panitia Subhan Rasyid “Semoga Pelaksanaan Asesmen ini berjalan lancar dan hasilnya bisa lebih meningkatkan mutu pendidikan khususnya yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Ujung-Bone” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala MTs Al-Ikhlas, Jusmadi Musa, S.Pd juga berharap dalam kegiatan ini para siswa yang terpilih sebagai peserta asesmen bisa menjadi tolak ukur dalam mutu pendidikan di madrasah kita. “Saya berharap kegiatan ini mampu menjadikan para siswa sebagai icon dalam menentukan mutu pendidikan madrasah kita ini”.

Kegiatan ANBK Madrasah Tasanawiyah Al-Ikhlas Ujung Bone. (Dok. Media Center)

Selama dua hari, kegiatan ANBK berjalan dengan lancar dan kondusif. Wakamad Kurikulum Andi Irvan Mappangara, S.Pd juga  mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia dan para santri atas kerja samanya dalam menyukseskan kegiatan Asesmen Nasional ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua panitia, santri dan proktor atas terselenggaranya kegiatan asesmen ini” ungkapnya.

Bersamaan dengan itu seluruh guru dan pegawai serta kepala madrasah juga turut andil dalam mengisi survei yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek melalui akun masing-masing. (af/aibs)

Ditulis oleh: Admin