Pembina Bahasa Perdalam Metode Pembelajaran (1)

  • 13 Januari 2021
  • 369 views
Pembina Bahasa Perdalam Metode Pembelajaran (1) Dok. Media Center & OSAI (12/1)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – “Para santri dapat berkomunikasi bahasa Inggris dan Arab”, seperti inilah isi salah satu poin dalam tujuan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Demi terwujudnya tujuan tersebut, Yayasan Al-Ikhlas selaku penyelenggara pesantren terus berbenah, baik dalam hal penyediaan sarana dan prasarana penunjang, maupun yang tak kalah pentingnya menghadirkan sumber daya manusia (SDM) berupa tenaga pendidik yang berkualitas bagi para santri.

Sebagai salah satu realisasi SDM yang dimaksud, para pembina bahasa di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, khususnya untuk pembelajaran bahasa Inggris, mendapatkan kesempatan dan tugas khusus untuk mengikuti pelatihan metode pembelajaran bahasa Inggris. Pelatihan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari 12-13 Januari 2021, bertempat di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Al-Ikhlas dan diikuti oleh sekitar 10 orang peserta.

Instruktur yang mendampingi dan membawakan materi selama pelatihan ini berjalan adalah Sudirman Bin Ngalla, S.Pd., M.Pd., merupakan pelatih senior dengan latar belakang Guru Bahasa Inggris, sosok yang berpengalaman dalam memberikan pelatihan, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan. 

Hadir dalam pembukaan pelatihan ini para kepala lembaga yang berada dalam lingkup Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone yang terdiri dari Kepala Madrasah Tsanawiyah, Kepala Madrasah Aliyah, dan Kepala Kepondokan yang secara khusus diamanahi untuk membuka secara resmi pelatihan ini.

Pada kesempatan berbeda, harapan besar diungkapkan oleh Andi Ahmad, S.Farm., Apt., selaku penanggung jawab kegiatan, dan sekaligus Kepala Divisi SDM, Kemitraan dan Penjaminan Mutu Yayasan Al-Ikhlas, dapat lahir dari pelaksanaan pelatihan ini.

“semoga pelatihan ini mampu memacu motivasi para guru/pembina untuk terus berinovasi dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan kelak mampu membangun dan mengaplikasikan metode pembelajaran bahasa Inggris yang efektif bagi santri.” Ungkap Ustadz Andi Ahmad, sapaan akrabnya.

Pelatihan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris (Dok. Media Center & OSAI)

Pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk menambah kompetensi dan kualitas SDM pembina atau pegawai di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone pada dasarnya akan sangat bermanfaat bukan hanya kelak bagi para santri saja, namun juga menjadi pengalaman akademik dalam menunjang karir pembina atau pegawai itu sendiri di masa yang akan datang.

Pelatihan metode pembelajaran ini merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas antara pihak Yayasan, pimpinan lembaga, dan para pembina bahasa di lingkungan Pesantren terkait Program Akselerasi Pengembangan Bahasa Asing di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Rencananya, setelah pelatihan untuk pembina bahasa Inggris ini berakhir, akan diadakan pula pelatihan khusus untuk pembina bahasa Arab dalam waktu dekat. (bk/aibs)

Ditulis oleh: Admin