MTs Al-Ikhlas Ujung Jadi Tuan Rumah Keempat Workshop Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

  • 13 November 2021
  • 359 views
MTs Al-Ikhlas Ujung Jadi Tuan Rumah Keempat Workshop Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Peserta Workshop Keempat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone (Dok. HUMAS MTs Al-Ikhlas, 2021)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – MTs Al-Ikhlas Ujung menjadi tuan rumah ke-4 dalam rangkaian kegiatan workshop yang dilaksanakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) setelah sebelumnya telah digelar workshop pertama di Gedung PGRI Bone, kedua dan ketiga bertempat di MTsN 02 Pompanua. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 13 November 2021 dari pukul 08.00 dan berakhir 15.00 WITA di Aula Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung. Kegiatan dimulai dengan langsung membahas materi lanjutan yang dibawakan Pujiati Alwi, S.Pd., M.Pd selaku Fasilitator Daerah Kabupaten Bone bidang IPA Terpadu.

Pujiati Alwi, S.Pd., M.Pd., Fasilitator Daerah Kabupaten Bone

Setelah itu, beliau langsung memberikan refleksi kepada masing-masing kelompok yang telah melakukan ON (Praktek) 3 dengan materi Uji makanan dan proses pencernaan mekanik dan kimiawi di madrasah masing-masing. Dari kegiatan refleksi ada beberapa kendala yang ditemukan oleh setiap guru pada proses ON (Praktek) 3, Mulai dari keefisienan waktu, keaktifan siswa, evaluasi serta metode pembelajaran yang digunakan. Setelah pemaparan kendala-kendala yang dialami oleh guru kemudian diberikan beberapa solusi oleh pemateri.

Terkait dengan kegiatan ini ketua MGMP MIPA MTs PP. Al-Ikhlas Ujung Suci Muliana mengatakan bahwa kegiatan ini mampu melahirkan guru-guru yang kreatif inovatif dan penciptaan pembelajaran yang efektif karena kegiatan dilakukan bukan sekedar teori saja tetapi lebih fokus ke praktik dari meteri yang diajarkan itu.

(Dok. HUMAS MTs Al-Ikhlas Ujung Bone, 2021)

“Kegiatan Workshop ini sangat bermaanfaat bagi guru-guru IPA, khususnya guru IPA yang ada di MTs AL-ikhlas ujung bone ini, karena pada workshop ini bukan hanya sekedar materi diistilahkan dengan IN yang diterima oleh para guru melainkan ada kegiatan praktik diistilahkan dengan  ON di madrasah masing-masing. Harapan dari kegiatan ini semoga mampu memotivasi guru-guru untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih efektif, inovatif dan kreatif” Ungkapnya.

Bersamaan dengan itu, Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Jusmadi Musa, S.Pd juga memberikan komentar terkait ini bahwa Semoga dalam kegiatan ini berjalan dengan baik dan mampu merubah mainset para guru khususnya guru IPA Terpadu menjadi guru yang inovatif dan kreatif serta berkelanjutan dalam hal peningkatan sumber daya manusia kita. “Saya berharap guru bisa menjadi lebih baik dan kreatif serta bisa berkelanjutan supaya menjadi guru yang handal” ungkapnya.

Perwakilan MTs Al-Ikhlas Ujung Bone (Dok. HUMAS MTs Al-Ikhlas Ujung Bone, 2021)

Pada kegiatan ini diikuti oleh beberapa madrasah yang tercakup dalam MGMP IPA wilayah 5 terdiri dari 8 Madrasah seperti MTs 2 Bone, Mts Nurul Aeyn As’adiyah kampung baru, Mts Sailong, Mts Audalul As’adiyah ajangmatekko, Mts Al-Mushowwir, Mts As’adiyah Pongka, Mts Mursyidul Awwan Cenrana, Mts As’adiyah Uloe dan MTs PP. Al-Ikhlas Ujung Sendiri. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama. (*/aibs)

Ditulis oleh: Admin