Al-Ikhlas Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

  • 14 April 2021
  • 525 views
Al-Ikhlas Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Penyerahan Bantuan dari Tim IPU Zakat (Dok. ZISWAF Al-Ikhlas, 2021)

MATAJANG, ALIKHLASBONE.AC.ID – Musibah menghampiri keluarga Beddu (62) sehari sebelum datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H (12/4.2021). Pasalnya, rumah pria yang sehari-harinya menggembalakan sapi tersebut, kini menyisakan puing-puing akibat kebakaran yang terjadi. Tidak ada satu barang pun yang berhasil diselamatkan dalam kejadian tersebut, hanya tangisan kesedihan yang bisa terluapkan.

Penyerahan Bantuan dari Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas (Dok. MTs Al-Ikhlas, 2021)

Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone melalui dua lembaganya yakni Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas dan IPU Zakat dalam program “Ikhlas Peduli Bencana” turut serta memberikan bantuan guna meringankan beban keluarga korban tersebut. Bantuan dari MTs Al-Ikhlas disampaikan langsung oleh wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, Harmoko, S.Pd yang didampingi Pembina Palang Merah Remaja (PMR) MTs Al-Ikhlas. Sementara itu, di waktu yang berbeda, dari tim IPU Zakat disampaikan langsung oleh Andi Asmar, S.E, yang juga merupakan Kepala Divisi Keuangan dan Umum, Badan Pelaksana Harian Yayasan Al-Ikhlas Bone.

Program Ikhlas Peduli Bencana (Dok. ZISWAF Al-Ikhlas, 2021)

Dalam penuturannya, Andi Asmar menyampaikan bahwa setelah mendengar kabar duka yang menimpa salah seorang warga yang berada tidak jauh dari lokasi pesantren, menjadikan Pesantren Al-Ikhlas Ujung melalui lembaga IPU Zakatnya terpanggil demi kemanusiaan.

“Pesantren saat ini memang sedang libur dari kegiatan proses belajar mengajar, tapi kegiatan yang memiliki kaitan dengan sosial kemanusiaan itu sudah menjadi panggilan nurani, apalagi saat ini kita memiliki lembaga IPU Zakat yang memiliki program khusus terkait kebencanaan ini, kemudian momennya juga sangat tepat untuk berbagi yakni bulan suci Ramadhan.” paparnya.  

Senada dengan pernyataan tersebut, Harmoko mewakili lembaga MTs Al-Ikhlas menyampaikan keprihatinannya terhadap musibah yang menimpa warga Desa Matajang tersebut.

“Mendengar adanya kebakaran yang terjadi di salah satu rumah warga yang tidak jauh dari pesantren, kami bersama pembina PMR langsung mendatangi lokasi untuk memberikan bantuan sebisa kami setidaknya sebagai bentuk empati dan prihatin kami kepada korban.” jelasnya.

Tim IPU Zakat bersama Korban Kebakaran (Dok. ZISWAF Al-Ikhlas, 2021)

Program Ikhlas Peduli Bencana merupakan salah satu bagian dari pilar program sosial dan kebencanaan IPU Zakat. Program ini difokuskan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana dan musibah untuk bisa kembali bangkit dan semangat menjalani hidup. Penyaluran bantuan terhadap korban kebakaran ini merupakan salah satu wujud realisasi program ini.

IPU Zakat mengajak partisipasi kita semua dalam program Ikhlas Peduli Bencana untuk meringankan beban dan mengembalikan asa saudara-saudara kita yang tertimpa musibah dan bencana. (ipu/aibs)

Ditulis oleh: Admin