Mengawali 2021, 8 Alumni Nyusul Kuliah Ke Mesir

  • 15 Januari 2021
  • 905 views
Mengawali 2021, 8 Alumni Nyusul Kuliah Ke Mesir Foto Alumni Lulus ke Mesir bersama Bapak Wakil BPH Yayasan Al-Ikhlas, Kepala MA dan Wakapon Pengajaran (Dok. Alumni)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – Setelah sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19 yang melanda, Akhirnya, di awal tahun 2021 ini kabar bahagia datang dari beberapa alumni Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Pasalnya, Sebanyak 8 alumni telah memperoleh kepastian berangkat ke Mesir untuk melanjutkan studi S1 di Universitas Al-Azhar, Kairo-Mesir.

Setelah mendapatkan kabar mengenai kepastian tersebut, perwakilan alumni yang lulus melalui jalur Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (PUSIBA) ini langsung berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone untuk berbagi kebahagiaan bersama almamaternya (6/1). Mereka diterima langsung oleh bapak Wakil Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Al-Ikhlas, H. Nasaruddin Mansyur, S.Pd. M.Pd.I yang didampingi oleh Kepala Madrasah Aliyah dan Wakil Kepala Kepondokan Bidang Pengajaran.

Dalam pertemuan tersebut, Bapak Wakil BPH Yayasan Al-Ikhlas mengungkapkan perasaan haru bercampur bahagia serta bangga dengan adanya kabar ini, dan berpesan kepada kedelapan alumni agar meluruskan niat, jaga kesehatan, mandiri dan terus menjaga nama baik almamater di mana pun berada.

Kedelapan alumni tersebut terdiri dari 7 orang putra dan seorang putri, berikut merupakan daftar nama-namanya:

  • Nurul Faaizati Idris (Putri dari KM. H. Idris Rasyid, M.Pd.I dan Nurmiati, M.H)
  • Ahmad Fuad Jafar (Putra dari Muh. Jafar Aras dan St. Hajerah Umar)
  • Muhammad Taufiqurrahman (Putra dari H. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd.I dan Ir. Hj. Wahidah Umar)
  • Muh. Khusnul Khuluky (Putra dari Baharuddin dan Heriani)
  • Andi Fakhrur Riza (Putra dari Andi Zainal Bintang dan Mu’minah Samid)
  • Muh. Arsyil Afif Nur (Putra dari Nursalam dan Muliana Razak)
  • Haeril (Putra dari M. Yusuf dan St. Hasnah L)
  • Abdul Halim Hermansyah (Putra dari Hermansyah dan Asniwati)

Sejak tahun 2014, Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone secara konsisten setiap tahunnya meloloskan beberapa alumninya untuk dapat melanjutkan studi sarjana dalam bidang Islam dan bahasa di Universitas Al-Azhar, Mesir. Bahkan, menurut data yang dikemukakan Ahmad Fakhri, Ketua Ikatan Keluarga dan Alumni (IKA) Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone di Mesir, beberapa alumni telah menyelesaikan studi S1 mereka dan sementara on-going untuk studi magister (S2) dalam bidang agama Islam.

Mubes 2 IKA Al-Ikhlas Mesir (Sumber: Facebook IKA Al-Ikhlas Mesir Agustus 2020)

“Beberapa dari alumni di Mesir sudah ada yang melanjutkan studi S2nya, namun ada juga yang telah menyelesaikan studi S1nya dan bersiap kembali ke tanah air.” Papar Fakhri, sapaan akrabnya.

Sejauh ini, IKA Al-Ikhlas Mesir mencatatkan terdapat 47 alumni Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone yang sedang menempuh pendidikan di Mesir. 3 orang diantaranya sedang menempuh jenjang S2 dan selebihnya adalah mahasiswa S1 di berbagai bidang kajian Islam.

“Kedatangan kedelapan alumni ini akan menambah anggota baru di keluarga besar kita IKA Al-Ikhlas Mesir, ahlan wa sahlan!!” tutup Ketua baru IKA Al-Ikhlas Mesir ini. (bk/aibs) 

Ditulis oleh: Admin