Ponpes Al Ikhlas Bone Bangun GOR

  • 15 Agustus 2018
  • 385 views
Ponpes Al Ikhlas Bone Bangun GOR

Menpora Andi Mallarangeng hari Senin (12/9) siang memulai pembangunan Gedung Olahraga di Pesantren Al Ikhlas Desa Ujung, Kabupaten Bone, Sulsel, dengan melakukan peletakan batu pertama pembangunaannya. Kegiatan Menpora ini  mengakhiri kunjungan Menpora selama dua hari di Bone. GOR di ponpes ini dibangun dengan bantuan Kemenpora.

Menpora mengaku bangga karena  pesantren Al Ikhlas yang terletak di sebuah desa terpencil memiliki bangunan dan fasilitas modern. “Pesantren ini sungguh luarbiasa, saya pikir pesantren modern itu hanya ada di Pulau Jawa. Tapi sekarang pikiran saya terjawab, ternyata pesantren Al Ikhlas tak kalah juga, termasuk prestasinya patut dibanggakan,” ujarnya bangga. 
Ditambahkan,  bantuan gedung olahraga bagian dari program Kemenpora untuk membantu pesantren dalam pengembangan bidang olahraga. “Aktivitas olahraga sama sekali tidak bertentangan dengan kehidupan beragama.  Mengaji lancar, olahrahga juga jalan, badan bugar,” kata Menpora.

Menurut Menpora, jumlah santri yang menuntut ilmu di pesantren sekitar 10 juta santri, tapi tak ada satupun yang pernah aktif dan lolos menjadi atlet tim nasional.  “Kemana sepuluh juta itu, padahal olahraga tidak bertentangan dengan agama,” ujarnya. Dengan bantuan pembangunan gedung ini, diharap kedepan akan lahir atlet santri yang berprestasi, baik ditingkat nasional dan internasional.

Pimpinan Pesantren Al Ikhlas, Nazaruddin Umar  yang juga Dirjen Bimmas Islam Depag, menceritakan bahwa awalnya pesantren ini hanya berbentuk madrasah tahun 1998 dan dikelola secara terbuka, santrinya dari masyarakat sekitar. Tapi dengan dukungan masyarakat luas, madrasah ini berubah menjadi pesantren dan dibangun mulai tahun 2002. “Alhamdulillah, santri kami sejak angkatan pertama hingga sekarang banyak yang  lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri,” katanya.

Ditulis oleh: Admin