Pembina Bahasa Perdalam Metode Pembelajaran (2)

  • 19 Januari 2021
  • 616 views
Pembina Bahasa Perdalam Metode Pembelajaran (2) Pembukaan Pelatihan Metode Pembelajaran Bahasa Arab (Dok. Andi Akbal 2021)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC. ID – Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone mengelar “Training Metode Pembelajaran Bahasa Arab”, setelah pekan sebelumnya mengadakan Training Metode Pembelajaran Bahasa Inggris, sebagai tindak lanjut dari arahan Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Al-Ikhlas Bone. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 16-17 Januari 2021 dengan meghadirkan Dr. Kaharuddin Ramli, M.Pd.I yang juga merupakan ketua program studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Pare-Pare sebagai trainer.

Andi Ahmad, S.Farm, Apt. selaku penanggung jawab kegiatan berharap dengan adanya pelatihan-pelatihan seperti ini, para guru mampu meningkatkan skill yang mereka miliki.

Peserta Pelatihan Metode Pembelajaran Bahasa Arab (Dok. Andi Akbal 2021)

Kegiatan ini mengusung tema “Menciptakan Pembelajaran Bahasa Arab yang Bermutu, Inovatif dan Kreatif Melalui Metode Ta’sisiyah” dan dilaksanakan di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Al-Ikhlas, kegiatan ini diikuti oleh 7 orang guru bahasa Arab di lingkungan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk membekali para guru bahasa Arab dalam mengelola kelas agar tidak pasif dan juga memberikan strategi efektif kepada mereka untuk lebih banyak melibatkan santri saat proses belajar mengajar berlangsung.

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini Wakil Ketua BPH Yayasan Al-Ikhlas Bone, H. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd.I., beserta beberapa jajaran pimpinan di lingkup Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Dalam sambutannya, Wakil Ketua BPH mengungkapkan harapan yang besar kepada para peserta pelatihan.

Foto bersama Trainer Dr. Kaharuddin Ramli, M.Pd.I (tengah duduk). (Dok. Ahmad Amiruddin 2021)

“Kami dari pihak Yayasan Al-Ikhlas tidak meragukan kemampuan yang dimiliki oleh rekan-rekan guru sekalian, namun dengan adanya pelatihan ini kami harapkan mampu memberikan pengalaman baru dan menumbuhkan semangat untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran kepada santri Al-Ikhlas, ibarat sebuah smartphone, pelatihan ini diharapkan mampu memberikan tambahan daya atau cas agar rekan-rekan guru sekalian lebih semangat lagi dalam mengajar”, Ungkapnya yang sekaligus melanjutkan dengan membuka secara resmi kegiatan ini. (ry/aibs)

Ditulis oleh: Admin