MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21 PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG BONE ADAKAN PELATIHAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013

[Humas , 27 Juli 2019] Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung yang merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang ada di kabupaten Bone, oleh karenanya itu untuk mengikuti perkembangan dunia Pendidikan, sejumah pelatihan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan yang ada di pesantren ini, salah satunya pelatihan tentang kurikulum 2013.   Pelatihan yang diberi nama Pelatihan Pengembangan Kurikulum 2013. Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan dan menumbuhkan kembali semangat seluruh guru Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah  dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kegiatan yang bertemakan “Peningkatan Profesionalitas Pendidik Menuju Pembelajaran Abad 21” ini diikuti oleh 37 orang guru Madrasah Aliyah dan 38 oang guru Madrasah Tsanawiyah .

Drs. H. Idris Rasyid, M.Pd selaku Kepala Kepondokan Pondok Pesantren Al-Ikhlas yang membuka acara tersebut sangat berharap bahwa guru Al-Ikhlas semakin maju setelah mengikuti pelatihan ini “kurikulum terus berkembang dari masa ke masa, olehnya itu guru juga terus berkembang, semoga setelah pelatihan ini dilakukan kita semua dapat menjadi guru yang lebih maju dan berkualitas lagi” ungkapnya saat membuka pelatihan ini. Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini diisi oleh 3 orang pemateri bernama Hasrul Bakri, S.Pd., MT. Nila Sari Latif, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Zainal Hasjim, M.Pd, ketiganya merupakan tim asesor madrasah dan juga dosen Universitas Negeri Makassar (UNM).

Guru yang menjadi peserta pelatihan ini mendapatkan berbagai ilmu, mulai dari Analisis Dokumen SKL, pembuatan RPP, Teknik Penilaian, Teknik Analisis KKM, Konsep Bahan Ajar dan pembelajaran Berbasis ICT, keseluruhan materi tersebut diterima bersamaan dengan praktek langsung yang harus dilakukan oleh para peserta. Pelatihan ini berlangsung sangat interaktif karena seluruh peserta langsung dituntun membuat perangkat pembelajaran dan mempresentasikannya di depan seluruh peserta dengan di damping oleh pemateri. Tindak lanjut dari pelatihan ini, seluruh peserta harus membuat perangkat pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diajarkannya dengan berisi motede, strategi dan media yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran, serta sangat disarankan menggunakan pembelajaran berbasis ICT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *