MTs Al-Ikhlas Laksanakan Ujian Madrasah di Tengah Pandemi

  • 22 Maret 2021
  • 483 views
MTs Al-Ikhlas Laksanakan Ujian Madrasah di Tengah Pandemi Pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) MTs Al-Ikhlas Ujung Tahun Ajaran 2020/2021 (Dok. Humas MTs Al-Ikhlas, 2021)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Ujung Bone mulai menggelar Ujian Madrasah (UM) untuk santri kelas IX, Senin (22/3/2021) dan akan berlangsung hingga Selasa (30/3/2021) mendatang. Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama Nomor 752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah, maka madrasah dapat memilih bentuk UM baik itu Ujian tulis, praktik, penugasan atau portofolio dengan memperhatikan kondisi peserta didik dalam kaitannya dengan dampak pandemi Covid-19.

UM ini merupakan tahapan akhir penilaian santri kelas IX dan menjadi salah satu syarat kelulusan dari satuan pendidikan. Sebanyak 150 santri kelas IX yang terdiri dari 93 santri putra dan 57 santri putri mengikuti kegiatan tersebut. MTs Al-Ikhlas mematuhi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk pelaksanaan UM dalam bentuk ujian tertulis dan praktik.  

Kondisi pandemi yang belum berakhir menjadikan pelaksanaan ujian tahun ini memang berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, yakni salah satunya harus secara daring.  Untuk pelaksanaan ujian praktik telah dilaksanakan minggu sebelumnya melalui protokol kesehatan ketat. Sedangkan untuk ujian tatap muka dilaksanakan minggu ini di ruang kelas dengan juga tetap menjalankan protokol kesehatan. Sementara itu, pelaksanaan ujian daring digelar di rumah masing-masing dengan menggunakan media pembelajaran jarak jauh.

Kepala MTs Al-Ikhlas Ujung meninjau pelaksanaan Ujian Madrasah dan Penilaian Tengah Semester (Dok. Humas MTs Al-Ikhlas, 2021)

Kepala MTs Al-Ikhlas Ujung, Jusmadi Musa, S.Pd mengharapkan kegiatan ujian dapat berjalan sukses tanpa adanya kendala baik dari santri maupun dari pihak madrasah meskipun pelaksanaannya di masa pandemi.

“Saya berharap kegiatan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 ini dapat berjalan dengan sukses meskipun pelaksanaannya dilakukan dengan dua cara, ini dilakukan untuk menfasilitasi semua santri sehingga dapat mengikuti kegiatan ujian di tengah pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat.” terangnya.

Selain pelaksanaan UM, MTs Al-Ikhlas juga melaksanakan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk santri kelas VII dan VIII. Pelaksanaan PTS ini juga menggunakan metode pelaksanaan yang sama dengan UM yaitu secara tatap muka dan daring. Ketua Panitia UM dan PTS, Subhan Rasyid, S.Pd menuturkan sebanyak 341 santri dari kelas VII dan VIII yang mengikuti PTS, dengan rincian sebanyak 126 santri tatap muka, dan selebihnya merupakan santri daring.

Mengenai persiapan UM dan PTS, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Irvan A. Mappangara, S.Pd mengapresiasi kerja panitia UM dan PTS bersama para tenaga pendidik atas kerjasama dan jalinan komunikasi yang terbangun.

“Saya berterima kasih atas kerja panitia UM dan PTS yang dalam beberapa hari sebelum pelaksanaan UM dan PTS telah merampungkan soal-soal sesuai dengan prosedur pembuatan soal, begitu pula dengan guru-guru mata pelajaran yang sangat komunikatif merespon instruksi pembuatan soal, sehingga seluruh soal baik untuk tatap muka maupun dalam bentuk daring dapat selesai tepat waktu.” ungkapnya. Sebanyak 14 mata pelajaran yang diujiankan, Ujian dimulai dari pukul 07.30 hingga 12.00 setiap harinya. Setelah itu, santri kembali melaksanakan rutinitas kepondokannya. (ant/af/aibs)

Ditulis oleh: Admin