Jumlah Santri Lulus SNMPTN 2021 Naik

  • 23 Maret 2021
  • 429 views
Jumlah Santri Lulus SNMPTN 2021 Naik Santri Lolos Jalur SNMPTN 2021

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – Kabar gembira datang dari santri kelas XII yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Pasalnya, sebanyak 13 santri dinyatakan lulus melalui jalur tersebut untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri dengan jurusan pilihan mereka. Berita membanggakan ini mulai bergulir di lingkungan Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone beberapa saat setelah pengumuman SNMPTN dikeluarkan, Senin (22/3/2021) kemarin.

Kepala Madrasah Aliyah (MA) Al-Ikhlas Ujung Bone, Andi Akbal Nur, S.Pd., S.Si. tidak dapat membendung rasa bangganya saat dihubungi melalui obrolan Whatsapp oleh tim alikhlasbone.ac.id, serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membimbing para santri selama ini, mulai dari awal masuk pesantren hingga mereka bisa diterima di perguruan tinggi negeri pilihan mereka.

“Alhamdulillah, segala kesuksesan santri-santri kita hingga hari ini tidak lepas dari doa, restu, dan kerja keras dari seluruh unsur yang terkait baik itu dari Yayasan, pembina, pegawai dan keluarga besar Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung tanpa terkecuali, terima kasih banyak atas semuanya, semoga menjadi amal ibadah bagi ustadz-ustadzah semua tanpa terkecuali, aamiin. Terima kasih terkhusus untuk tim pembina bentukan inisiatif Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum dan Kepala Tata Usaha yang mau direpotkan membantu santri mulai proses penginputan nilai sampai akhirnya pendaftaran selesai.” tulis sosok peraih peserta terbaik satu pendidikan dan pelatihan se-Sulseltrabar yang diadakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar ini.

Senada dengan Kepala MA, setelah mendengarkan kabar membanggakan ini, Wakil Ketua Pelaksana Harian Yayasan Al-Ikhlas Bone, H. Nasaruddin, S.Pd., M.Pd.I. juga turut mengekspresikan rasa syukur dan apresiasinya kepada para guru.

“Alhamdulillah… ada beberapa santri kita lulus di jalur SNMPTN. Terima kasih atas kerja keras dan usaha semua teman-teman guru.” ungkapnya singkat.

Wakil Ketua Pelaksana Harian Yayasan di tengah rapat pimpinan (Dok. Media Center, 2021)

Ketigabelas santri tersebut terdiri dari tiga santri putra dan 10 santri putri. Berikut merupakan daftar nama santri yang lulus dalam SNMPTN 2021 dengan jurusan dan perguruan tinggi yang dilulusi.

  • Nabilah Dawriyah, Pendidikan Dokter, Universitas Tadulako Palu;
  • Andi Sultan Batara Bone, Ilmu Sejarah, Universitas Indonesia;
  • Fakhirah Mutmainnah, Pendidikan Matematika (Kelas Internasional Bilingual), Universitas Negeri Makassar;
  • Asty Ananta, Sastra Jepang, Universitas Hasanuddin;
  • Andi Kholif Ilal Iqsyam, Peternakan, Universitas Hasanuddin;
  • Siti Nurhaliza, Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Islam Negeri Jakarta;
  • Zahwa Samayyah Mahmud, Seni Tari, Universitas Negeri Makassar;
  • Naswa Nurfadillah, Ilmu Keperawatan, Universitas Islam Negeri Jakarta;
  • Fildayanti, Kimia, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar;
  • Lisna Nur Alni, Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Makassar;
  • Agus Salim, Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin;
  • Nur Afiva, Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Jakarta; dan
  • Muhammad Abid Alif Tsaqif, Psikologi, Universitas Negeri Makassar.

Rahmawati Yasin, S.Pd. selaku Wakil Kepala Madrasah bidang Hubungan Masyarakat menyatakan adanya perkembangan santri yang lolos melalui jalur ini, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini kita kembali patut bersyukur karena jumlah santri kita yang lolos jalur SNMPTN ini meningkat menjadi 13 orang dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya bisa meloloskan 10 orang saja, kita harapkan trend peningkatan itu akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.” harapnya.

Adapun menurutnya terkait santri yang belum berhasil lulus melalui jalur SNMPTN ini untuk tidak patah semangat dan terus berusaha melalui jalur-jalur lain yang tersedia.

“Untuk santri-santri kita yang dinyatakan tidak lulus jalur ini, kami dari pimpinan dan jajaran tenaga pendidik senantiasa mendorong mereka untuk tidak patah semangat dan terus mencoba. Masih ada beberapa jalur yang terbuka kesempatannya bagi mereka untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, meski tahapannya mungkin akan sangat berbeda dengan jalur SNMPTN ini karena tes dan semacamnya, tapi kami siap untuk memberikan bimbingan yang lebih ekstra buat anak-anak kita”. jelas mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Makassar ini.

Sejatinya masih ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa yang terbuka bagi para santri kelas XII untuk dapat melanjutkan studi sarjana di perguruan tinggi pilihan mereka. Selamat bagi para santri yang telah dinyatakan lolos SNMPTN 2021, semoga ilmu yang didapatkan selama mondok di Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone dapat bermanfaat. (*/aibs)

Ditulis oleh: Admin