MTs Al-Ikhlas Ujung Laksanakan Penilaian Tengah Semester

  • 25 September 2021
  • 1,535 view
MTs Al-Ikhlas Ujung Laksanakan Penilaian Tengah Semester Penilaian Tengah Semester Madrasah Tsanawiyah (Dok. Media Center)

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ikhlas Ujung Bone mulai menggelar Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk semua santri, Sabtu (25/09/2021) dan akan berlangsung hingga Kamis (30/09/2021) mendatang.

Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama Nomor 752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Penilaian Tengah Semester (PTS), maka madrasah dapat memilih bentuk PTS baik itu Ujian tulis, praktik, penugasan atau portofolio dengan memperhatikan kondisi peserta didik dalam kaitannya dengan dampak pandemi Covid-19 apalagi saat ini khusunya Kabupaten Bone sudah mengizinkan tatap muka terbatas.

Penilaian Tengah Semester Madrasah Tsanawiyah (Dok. Media Center)

PTS ini merupakan tahapan pertengahan penilaian semua santri kelas VII, VIII, IX dan menjadi salah satu syarat dalam penentuan kelulusan dari satuan pendidikan. Sebanyak 143 santri kelas VII, 138 santri kelas VIII, dan 167 santri Kelas IX yang mengikuti kegiatan PTS secara Tatap Muka dengan total 448 orang, adapun yang masih daring sebanyak 87 orang terdiri dari 43 santri Non Mondok dan sisanya santri Mondok 44 yang masih di rumah. MTs Al-Ikhlas mematuhi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk pelaksanaan PTS dalam bentuk ujian tertulis saja.

Penilaian Tengah Semester Madrasah Tsanawiyah (Dok. Media Center)

Kondisi pandemi yang memang belum berakhir dan saat ini sudah hampir jadi endemik menjadikan pelaksanaan ujian tahun ini tetap berbeda dengan pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, yakni salah satunya harus secara daring dan tatap muka.  Ujian tatap muka dilaksanakan minggu ini di ruang kelas dengan juga tetap menjalankan protokol kesehatan. Sementara itu, pelaksanaan ujian daring digelar di rumah masing-masing dengan menggunakan media pembelajaran jarak jauh santri tergolong mondok dan Non Mondok dengan cara mengirimkan soal dalam bentuk print out.

Kepala MTs Al-Ikhlas Ujung, Jusmadi Musa, S.Pd mengharapkan santri mengikuti kegiatan ujian dengan ceria walaupun waktu belajar tidak maksimal karena pembatasan tatap muka. “Santri dapat mengikuti PTS dengan ceria, meskipun masih dalam suasana pandemi dan waktu belajar santri selama ini tidak maksimal karena adanya pembatasan pembelajaran tatap muka di madrasah..” terangnya.

Penilaian Tengah Semester Madrasah Tsanawiyah (Dok. Media Center)

Mengenai kegiatan PTS, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Irvan A. Mappangara, S.Pd mengharapkan kegiatan PTS berjalan lancar dan semuanya selalu menjaga protokol kesehatan “Semoga kegiatan PTS ini berjalan lancar dan tidak ada hambatan yang berarti sampai hari terakhir. Dan Di masa pandemi ini Tak kala penting nya untuk santri, guru, staf pegawai dan seluruh stakeholder yang ada tetap selalu menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan..” ungkapnya.

Sebanyak 14 mata pelajaran yang diujiankan, Ujian dimulai dari pukul 07.30 hingga 12.00 setiap harinya. Harapan besar juga muncul dari Ketua Panitia PTS kali ini, Suci Muliana, S.Pd. “Saya berharap PTS kali ini dilancarkan segala proses pelaksanaan dan berjalan sesuai harapan”. (af/aibs)

Ditulis oleh: Admin