Al-Ikhlas Sukseskan Penilaian Akhir Tahun 2021

  • 26 Juni 2021
  • 177 views
Al-Ikhlas Sukseskan Penilaian Akhir Tahun 2021 Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2021 Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas (Dok. Humas MTs, 2021)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – Tahun Ajaran 2020/2021 akan segera berakhir, Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone yang menaungi madrasah aliyah dan madrasah tsanawiyah telah menyukseskan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dari Sabtu (19/6/2021) hingga Kamis (24/6/2021) di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Sebanyak 640 santri dan santriwati dari tiap tingkatan telah mengikuti ujian PAT yang menjadi salah satu syarat penentu kenaikan kelas ini.

Wakil Kepala Madrasah Aliyah Bidang Kesantrian, Ahrul Fauzy, S.Pd. menuturkan bahwa sebanyak total 287 santri dan santriwati dari kelas X dan XI baik tatap muka maupun virtual (online) telah mengikuti ujian. Santri yang masih berada di rumah tetap mendapatkan fasilitas untuk dapat mengikuti ujian akhir. Sementara dari tingkatan madrasah tsanawiyah, Harmoko, S.Pd. menyebutkan bahwa terdapat 353 santri dan santriwati madrasah tsanawiyah yang turut serta dalam PAT.

Penilaian Akhir Tahun 2021 (Dok. Humas MTs, 2021)

Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama Nomor 752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Penilaian Akhir Tahun (PAT), maka madrasah dapat memilih bentuk PAT baik itu Ujian tulis, praktik, penugasan atau portofolio dengan memperhatikan kondisi peserta didik dalam kaitannya dengan dampak pandemi Covid-19.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas, Jusmadi Musa, S.Pd. kepada alikhlasbone.ac.id mengungkapkan bahwa suksesnya pelaksanaan PAT ini tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak, terkhusus panitia PAT.

“Saya sangat bersyukur kegiatan PAT ini dapat berjalan dengan sukses seperti tahun sebelumnya, meskipun pelaksanaannya dilakukan dengan beberapa cara, ini semua dilakukan untuk menfasilitasi semua santri sehingga dapat mengikuti kegiatan ujian di tengah pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan yang ketat. Begitupun kepada seluruh panitia yang sangat pro-aktif dalam PAT, atas nama pimpinan kami ucapkan banyak terima kasih.” ungkapnya.

Setelah pelaksanaan PAT ini, para guru mata pelajaran akan melakukan pengolahan dan penginputan nilai menggunakan Aplikasi Rapor Digital (ARD), dan rencananya 3 Juli 2021 mendatang akan digelar penerimaan buku rapor hasil belajar santri untuk kenaikan kelas. (af/aibs)

Ditulis oleh: Admin