Siapkan Studio Podcast, Media Center Al-Ikhlas Kunjungan Media

  • 26 Juni 2021
  • 173 views
Siapkan Studio Podcast, Media Center Al-Ikhlas Kunjungan Media Tim Media Center Al-Ikhlas bersama Pengelola Laboratorium Syiar FM, UIN Alauddin Makassar. (Dok. Media Center Al-Ikhlas)

MAKASSAR, ALIKHLASBONE.AC.ID – Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mendorong Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone untuk terus berinovasi dalam memunculkan media yang mampu menjangkau segmen masyarakat pesantren secara umum, tiada lain dengan tujuan untuk pendidikan dan dakwah yang menyejukkan. Dorongan kuat Ketua Yayasan Al-Ikhlas Bone, Anregurutta Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA untuk menghadirkan studio podcast dan seni membuat tim media center yang dikoordinasi langsung oleh Wakil Kepala Kepondokan Bidang Humas dan Media Center, Hidayat Hadrawi, S.Pd., M.Pd melalukan kunjungan di beberapa studio podcast media di Makassar. Kamis (24/6/2021).

Tim yang beranggotakan  Rahmawati Yasin, S.Pd; Muhammad Asriadi, S.Hd., M.Th.I; Andi Nurul Fatwa; Muhammad Wahiddin AK, S.Pd; dan Ibnu Hajar, S.Sos. ini mengawali kunjungan ke media Fajar Online. Dalam kunjungan ini, tim mendapatkan pendampingan dari tim kreatif dan media sosial, Akbar Hamdan, Asri Amir dan M. Yusran, untuk melihat lebih dekat studio podcast salah satu raksasa media di Kawasan Indonesia Timur tersebut.

Kunjungan Tim Media Center Al-Ikhlas (Dok. Media Center Al-Ikhlas)

Tim mendapatkan banyak pembelajaran mulai dari mempersiapkan studio, peralatan, hingga sumber daya manusia (SDM) yang harus dimiliki untuk dapat menghasilkan podcast yang menarik dengan kualitas yang baik.

“Studio, peralatan, SDM semuanya menetukan hasil podcast yang akan dihasilkan, tapi berbicara tentang peralatan yang wajib ada ketika baru memulai membuat podcast adalah kamera video, lighting, mixer, microphone dan juga spesifikasi komputer yang dibutuhkan, selain itu juga SDM perlu mengetahui tahapan produksi mulai dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi” tutur Akbar.

Kunjungan Tim Media Center Al-Ikhlas (Dok. Media Center Al-Ikhlas)

Meninggalkan Gedung Graha Pena selanjutnya Tim Media Center Al-Ikhlas menuju kantor berita online Terkini.id dan bertemu Hasbi Zainuddin, S.Sos., yang merupakan pimpinan redaksi media tersebut. Selanjutnya tim menuju ke Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, dengan tujuan yang sama untuk menambah referensi terkait studio dan juga peralatan yang digunakan Laboratorium Syiar FM, tim disambut langsung oleh Kepala Laboratorium, Hartina Bohari, M.Ikom.

Tim mengakhiri kunjungan ke Harian Berita Kota, melalui penjelasan langsung Pimpinan Redaksi media tersebut, Andi Rustan, tim memperoleh banyak pengetahuan tentang cara menarik minat penonton pada podcast yang akan dibuat nantinya. Hidayat mengungkapkan kepada alikhlasbone.ac.id terkait kesiapan tim untuk studio podcast setelah kunjungan ini.

Kunjungan Tim Media Center Al-Ikhlas (Dok. Media Center Al-Ikhlas)

“Pasca kunjungan ini, kita insya Allah akan segera menjalankan instruksi dari bapak ketua yayasan untuk membuat studio baik untuk podcast dan juga untuk kegiatan seni. Pengetahuan yang teman-teman media center dapat dari kunjungan ini insya Allah dapat kita bawa ke Al-Ikhlas untuk direalisasikan”. (ry/aibs)

Ditulis oleh: Admin