Al-Ikhlas Terima Kunjungan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Sulawesi Tengah

  • 26 November 2021
  • 543 views
Al-Ikhlas Terima Kunjungan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Sulawesi Tengah Tim Studi Banding Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) Wilayah I Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Dok. Media Center, 2021)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone menerima kunjungan studi banding dari Kelompok Kerja Kepala Madrasah (K3M) Wilayah I Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Kamis (25/11/2021). Tim berjumlah 15 orang ini terdiri dari kepala-kepala dan wakil kepala madrasah se-Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dan secara resmi diterima oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone Bidang Kemadrasahan, H. Saharuddin, S.Ag., S.Pd.I., M.Pd. bertempat di Aula Pesantren.

Penyerahan Cinderamata oleh Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas ke Tim Studi Banding K3M Parigi Mouting (Dok. Media Center, 2021)

Kegiatan penyambutan digelar secara semi-formal dan dihadiri oleh jajaran pimpinan lembaga di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, mulai dari Kepala Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Kepala Kepondokan. Mengawali sambutan penerimaan, Wakil Pimpinan Pondok menjelaskan sejarah singkat berdirinya Pesantren Al-Ikhlas hingga terus berkembang sampai sekarang dan memiliki cabang di beberapa wilayah di Indonesia. Selanjutnya, memperkenalkan pimpinan-pimpinan lembaga yang akan mendampingi tim selama kegiatan studi banding.

Sementara itu, Ketua K3M Wilayah I Parigi, Ir. Makmur, S.P., yang juga merupakan Kepala Madrasah Al-Izzah As’adiyah Tolai mengapresiasi penerimaan dan juga menjelaskan tujuan studi banding ke Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone untuk mengetahui sistem pembelajaran, kurikulum, serta mengadopsi hal-hal positif untuk diterapkan di lingkungan kerja masing-masing kepala madrasah di Parigi setelah kembali.

Kunjungan ke Kantor Madrasah Aliyah (Dok. Media Center, 2021)

Ketua Tim Studi Banding, Darsono, S.Ag., M.Pd.I., selanjutnya memperkenalkan peserta studi banding yang ikut serta. Kepala MAN 1 Parigi ini juga menyampaikan rasa penasarannya terhadap Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung sebagai lembaga pendidikan swasta yang dapat berkembang dengan pesat yang menjadi salah satu pendorongnya untuk melakukan kegiatan studi banding bersama kepala-kepala madrasah dari Parigi.

Peserta studi banding selanjutnya diarahkan oleh pimpinan-pimpinan lembaga untuk mengunjungi beberapa titik yang meliputi kantor madrasah, ruang CCTV madrasah, ruang guru, ruang konseling, perpustakaan, laboratorium IPA, klinik (Poskestren), dan unit-unit usaha Al-Ikhlas (Mart, Bakery, dan Café). Kunjungan diakhiri dengan jamuan makan siang oleh Yayasan Al-Ikhlas Bone. (*/aibs)

Ditulis oleh: Admin