Al-Ikhlas Bakal Kembangkan Urban Farming Hidroponik

  • 29 April 2021
  • 217 views
Al-Ikhlas Bakal Kembangkan Urban Farming Hidroponik Kunjungan Tim Survei Bantuan Hidroponik (Dok. Media Center Al-Ikhlas, 2021)

UJUNG, ALIKHLASBONE.AC.ID – Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone menyepakati kerjasama pengembangan suatu metode pertanian modern Hidroponik yang berlokasi di lingkungan Pesantren Al-Ikhlas. Dalam survei lokasi tahapan finalisasi, para surveyor yang terdiri dari Abdul Rauf, SP., M.Si. (Kepala Bidang Hortikultura), Kasmiaty, SP., MP. (Kepala Seksi Sayur dan Biofarmaka), Hartati, SP., M.Si. (Kasi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Hortikultura), dan Muh. Aris, SP (Staf Hortikultura) disambut oleh Andi Ahmad, S.Farm., Apt., Kepala Divisi SDM dan Penjaminan Mutu Badan Pelaksana Harian Yayasan Al-Ikhlas Bone. Kamis (29/4/2021).

Dalam kunjungan survey singkat tersebut, Abdul Rauf menyampaikan hal penting yang menjadi alasan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung dijadikan sebagai salah satu lokasi pengembangan Hidroponik.

Survei Lokasi Hidroponik Pesantren Al-Ikhlas (Dok. Media Center Al-Ikhlas, 2021)

“Pesantren Al-Ikhlas ini memiliki lokasi yang strategis dengan target yang jelas untuk konsumsi hasil hidroponik yakni para santri dan seluruh pembina”. jelas Kepala Bidang Hortikultura ini.

Sementara itu, Andi Ahmad yang hadir mendampingi tim survei saat ditemui alikhlasbone.ac.id mengungkapkan rasa syukur atas adanya bantuan kerjasama dari pemerintah berupa program Gerakan Tanaman Holtikultura ini. Menurutnya, dengan adanya metode pertanian hidroponik ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan di pesantren.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur dengan adanya bantuan kerjasama dari pemerintah melalui program dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone berupa pertanian modern hidroponik ini. Selain ini akan bermanfaat mungkin sebagai media pembelajaran santri, yang juga tak kalah pentingnya bahwa program ini semoga dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan di pesantren dengan adanya hasil dari sayur-sayuran, sehingga secara ekonomis, ini akan menghemat pengeluaran dapur pesantren untuk asupan sayuran santri dan pembina tentunya.” ungkap sosok yang juga menjabat Kepala Divisi ZISWAF Al-Ikhlas ini.

Survei Lokasi Hidroponik Pesantren Al-Ikhlas (Dok. Media Center Al-Ikhlas, 2021)

Lahan Pesantren Al-Ikhlas dengan berbagai daya dukung, memungkinkan pengembangan pertanian holtikultura dengan metode hidroponik yakni pemanfaatan air tanpa media tanah. Masyarakat pesantren akan mendapatkan manfaat yang lebih untuk memenuhi kebutuhan pangan terutama untuk sayur-sayuran dan bahkan tidak menutup kemungkinan dapat memberi manfaat bagi masyarakat di sekitar pesantren. (*/aibs)

Ditulis oleh: Admin