Sejarah

Sejarah

Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Kecamatan Dua Boccoe , Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan bernaung dibawah Yayasan Al-Ikhlas yang didirikan pada tanggal 18 September 2000 M, Bertepatan tanggal 19 Jumadil Awal 1421 H oleh H. Andi Umar dan Hj. Bunga Tunge beserta putra beliau yaitu Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA.

Pondok Pesantren ini didirikan sebagai wujud keprihatinan terhadap kualitas dan kuantitas pendidikan di dalam masyarakat, sementara tantangan di masa depan semakin menuntut sumber daya manusia yang handal.

Pada saat didirikan, berbagai tantangan dan hambatan dihadapi, baik pengurus yayasan maupun pengelola pesantren.

Kuatnya arus kepercayaan yang bertentangan dengan akidah agama menjadi tantangan terbesar dalam memulai menjalankan pesantren.

Masyarakat setempat yang sangat teguh dalam mengaplikasikan kepercayaan yang keliru berusaha meredupkan gaung pesantren yang mulai memberikan pencerahan terhadap kepercayaan tersebut.

Namun seiring dengan kegigihan dan pemahaman yang matang, pihak Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung mulai merasakan perhatian masyarakat setempat dalam membangun akidah umat.

Pada tahun 2000 M, Pondok Pesantren Al-Ikhlas telah menjalankan kegiatan belajar mengajar, namun  baru pada tahun 2002, kegiatan kepesantrenan resmi mendapat pengakuan pemerintah.

Pada mulanya, kegiatan belajar mengajar dilakukan di Madrasah Diniyah As-Adiyah hingga akhirnya memiliki gedung mandiri pada tahun 2002 atas bantuan Paguyuban Ikhlas di Jakarta.

Pada tahun 2004, dibukalah pembelajaran pada tingkat Madrasah Aliyah dengan santri penerimaan yaitu alumni dari Mardrasah Tsanawiyah.

Pesantren Al-Ikhlas memberlakukan sistem Boarding School. Lembaga pendidikan pesantren dengan sistem Boarding School  sengaja dipilih kerena sistem ini terbukti lebih efektif memberikan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai pendidikan secara komperhensif.

Kekhususan Pesantren Al-Ikhlas dan sekaligus menjadi obsesinya ialah penerapan kurikulum yang paralel antara ilmu-ilmu dan ilmu-ilmu  agama.

Dalam perjalanannya, Pondok Pesantren Al-Ikhlas telah terdiri dari berbagai lembaga yang berintegrasi dengan baik satu sama lain, yaitu, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Raudathul Athfal, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Kepondokan Al-Ikhlas.

Link Terkait